kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 23:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pembaharuan yang dilakukan Yosia
23:1 Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem. 23:2 Kemudian pergilah raja ke rumah TUHAN dan bersama-sama dia semua orang Yehuda dan semua penduduk Yerusalem, para imam, para nabi dan seluruh orang awam, dari yang kecil sampai yang besar. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah TUHAN itu. 23:3 Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang dan diadakannyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan untuk menepati perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu. 23:4 Raja memberi perintah kepada imam besar Hilkia dan kepada para imam tingkat dua dan kepada para penjaga pintu untuk mengeluarkan dari bait TUHAN segala perkakas yang telah dibuat untuk Baal dan Asyera dan untuk segala tentara langit, lalu dibakarnyalah semuanya itu di luar kota Yerusalem di padang-padang Kidron, dan diangkutnyalah abunya ke Betel. 23:5 Ia memberhentikan para imam dewa asing yang telah diangkat oleh raja-raja Yehuda untuk membakar korban di bukit pengorbanan di kota-kota Yehuda dan di sekitar Yerusalem, juga orang-orang yang membakar korban untuk Baal, untuk dewa matahari, untuk dewa bulan, untuk rasi-rasi bintang dan untuk segenap tentara langit. 23:6 Dibawanyalah tiang-tiang berhala dari rumah TUHAN ke luar kota Yerusalem, ke sungai Kidron, lalu dibakarnya di situ dan ditumbuknya halus-halus menjadi abu, kemudian dicampakkannyalah abunya ke atas kuburan rakyat jelata. 23:7 Ia merobohkan petak-petak pelacuran bakti yang ada di rumah TUHAN, tempat orang-orang perempuan bertenun sarung untuk Asyera. 23:8 Disuruhnyalah datang semua imam dari kota-kota Yehuda, lalu ia menajiskan bukit-bukit pengorbanan, tempat para imam itu membakar korban, dari Geba sampai Bersyeba; dirobohkannya pula bukit-bukit pengorbanan di pintu-pintu gerbang yang ada dekat lobang pintu gerbang Yosua, penguasa kota itu, yang ada pada sebelah kiri kalau orang memasuki pintu gerbang kota itu. 23:9 Tetapi para imam bukit-bukit pengorbanan itu tidak boleh naik ke mezbah TUHAN di Yerusalem, hanya mereka boleh memakan roti yang tidak beragi di tengah-tengah saudara-saudara mereka. 23:10 Ia menajiskan juga Tofet yang ada di lembah Ben-Hinom, supaya jangan orang mempersembahkan anak-anaknya sebagai korban dalam api untuk dewa Molokh. 23:11 Dibuangnyalah kuda-kuda yang ditaruh oleh raja-raja Yehuda untuk dewa matahari di pintu masuk ke rumah TUHAN, dekat bilik Natan-Melekh, pegawai istana, yang tinggal di gedung samping; juga kereta-kereta dewa matahari dibakarnya dengan api. 23:12 Mezbah-mezbah, yang ada di atas sotoh, tempat peranginan Ahas, yang dibuat oleh raja-raja Yehuda, dan mezbah-mezbah, yang dibuat Manasye di kedua pelataran rumah TUHAN, dirobohkan oleh raja, dan diremukkan di sana, lalu dicampakkannya abunya ke sungai Kidron. 23:13 Bukit-bukit pengorbanan yang ada di sebelah timur Yerusalem di sebelah selatan bukit Kebusukan dan yang didirikan oleh Salomo, raja Israel, untuk Asytoret, dewa kejijikan sembahan orang Sidon, dan untuk Kamos, dewa kejijikan sembahan Moab, dan untuk Milkom, dewa kekejian sembahan orang Amon, dinajiskan oleh raja. 23:14 Ia memecahkan tugu-tugu berhala dan menebang tiang-tiang berhala, lalu ditimbuninya tempat-tempat itu penuh dengan tulang-tulang manusia. 23:15 Juga mezbah yang ada di Betel, bukit pengorbanan yang dibuat oleh Yerobeam bin Nebat yang mengakibatkan orang Israel berdosa, mezbah dan bukit pengorbanan itupun dirobohkannya dan batu-batunya dipecahkannya, lalu ditumbuknya halus-halus menjadi abu, dan dibakarnyalah tiang berhala. 23:16 Dan ketika Yosia berpaling, dilihatnyalah kuburan-kuburan yang ada di gunung di sana, lalu menyuruh orang mengambil tulang-tulang dari kuburan-kuburan itu, membakarnya di atas mezbah dan menajiskannya, sesuai dengan firman TUHAN yang telah diserukan oleh abdi Allah yang telah menyerukan hal-hal ini. 23:17 Ia berkata: "Apakah tanda keramat yang kulihat ini?" Lalu orang-orang di kota itu menjawab dia: "Itulah kuburan abdi Allah yang sudah datang dari Yehuda dan yang telah menyerukan segala hal yang telah kaulakukan terhadap mezbah Betel ini!" 23:18 Lalu katanya: "Biarkanlah itu, janganlah ada orang yang menjamah tulang-tulangnya!" Jadi mereka tidak mengganggu tulang-tulangnya dan tulang-tulang nabi yang telah datang dari Samaria itu. 23:19 Juga segala kuil di bukit-bukit pengorbanan yang di kota-kota Samaria yang dibuat oleh raja-raja Israel untuk menimbulkan sakit hati TUHAN, dijauhkan oleh Yosia dan dalam hal ini ia bertindak tepat seperti tindakannya di Betel. 23:20 Ia menyembelih di atas mezbah-mezbah itu semua imam bukit-bukit pengorbanan yang ada di sana dan dibakarnya tulang-tulang manusia di atasnya, lalu pulanglah ia ke Yerusalem. 23:21 Kemudian raja memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: "Rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian ini!" 23:22 Sebab tidak pernah lagi dirayakan Paskah seperti itu sejak zaman para hakim yang memerintah atas Israel dan sepanjang zaman raja-raja Israel dan raja-raja Yehuda. 23:23 Tetapi barulah dalam tahun kedelapan belas zaman raja Yosia Paskah ini dirayakan bagi TUHAN di Yerusalem. 23:24 Para pemanggil arwah, dan para pemanggil roh peramal, juga terafim, berhala-berhala dan segala dewa kejijikan yang terlihat di tanah Yehuda dan di Yerusalem, dihapuskan oleh Yosia dengan maksud menepati perkataan Taurat yang tertulis dalam kitab yang telah didapati oleh imam Hilkia di rumah TUHAN.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asytoret a goddess
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Ben-Hinom a man and a valley
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Geba a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Geba-Benyamin a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Hilkia father of Eliakim who was head of King Hezekiah's household,a high priest; son of Shalum /Meshulam,son of Amzi of Levi; forefather of returned exiles,son of Hosah; a Levite gatekeeper,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a man of Anathoth; father of the prophet Jeremiah
 · Hinom a man and a valley
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kamos a pagan god; the national god of Moab
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kidron a brook and its valley,a brook and valley between Jerusalem and the Mt. of Olives
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Milkom a pagan god, the national deity of the Ammonites (IBD)
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · Molokh the national pagan god of the Ammonites (IBD)
 · Nebat a man of Ephraim; father of king Jeroboam
 · orang Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon


Topik/Tema Kamus: Yosia | Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Gairah Semangat Yang Besar | Matahari | Bait Suci Yang Pertama | Hari Raya | Sembah, Penyembahan Berhala | Asyera | Tofet | Raya, Perayaan Paskah | Kubur, Penguburan | Molokh | Lembah | Kuda | Mezbah | Pohon Kayu Yang Dianggap Sebagai Berhala | Rumah | Hukum, Hukum Musa | Orang Amon | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 23:4 - DIBAKARNYALAH SEMUANYA ITU. Nas : 2Raj 23:4 Pembaharuan Yosia mengikuti prinsip alkitabiah bahwa pertobatan untuk dosa-dosa khusus adalah perlu sekali untuk kebangunan rohani ...

Nas : 2Raj 23:4

Pembaharuan Yosia mengikuti prinsip alkitabiah bahwa pertobatan untuk dosa-dosa khusus adalah perlu sekali untuk kebangunan rohani yang sungguh. Apabila pertobatan sejati terjadi, dosa-dosa khusus akan diketahui, saudara-saudara yang palsu diusir, kebiasaan-kebiasaan duniawi ditinggalkan, dan standar-standar rohani dikembalikan. Setiap pembicaraan mengenai perlunya kebangunan rohani dan pertobatan di dalam gereja-gereja tanpa menentukan apa yang harus diubah menunjukkan bahwa tidak adanya komitmen untuk perubahan sungguh-sungguh dalam hati dan gaya hidup orang.

BIS: 2Raj 23:13 - Bukit Kejahatan Bukit Kejahatan: Yang dimaksud ialah Bukit Zaitun.

Bukit Kejahatan: Yang dimaksud ialah Bukit Zaitun.

BIS: 2Raj 23:16 - -- Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis ketika Raja Yerobeam ... perayaan. Dalam naskah Ibrani tidak terdapat kata-kata ini.

Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis ketika Raja Yerobeam ... perayaan. Dalam naskah Ibrani tidak terdapat kata-kata ini.

Jerusalem: 2Raj 23:2 - kitab perjanjian Bdk 2Ra 22:8+. Kitab Ulangan sendiri memperkenalkan diri sebagai kitab hukum perjanjian, Ula 5:2; 29:1.

Bdk 2Ra 22:8+. Kitab Ulangan sendiri memperkenalkan diri sebagai kitab hukum perjanjian, Ula 5:2; 29:1.

Jerusalem: 2Raj 23:4 - imam besar Gelar ini tidak pada tempatnya di sini, sebab di zaman sesudah pembuangan barulah mulai dipakai

Gelar ini tidak pada tempatnya di sini, sebab di zaman sesudah pembuangan barulah mulai dipakai

Jerusalem: 2Raj 23:4 - para imam Dalam Targum terbaca: imam (tunggal). Imam itu ialah yang paling utama sesudah imam besar

Dalam Targum terbaca: imam (tunggal). Imam itu ialah yang paling utama sesudah imam besar

Jerusalem: 2Raj 23:4 - para penjaga pintu Bdk 2Ra 12:9 Penjaga-penjaga pintu adalah segolongan imam dari tingkat atas. Bdk juga 2Ra 25:18

Bdk 2Ra 12:9 Penjaga-penjaga pintu adalah segolongan imam dari tingkat atas. Bdk juga 2Ra 25:18

Jerusalem: 2Raj 23:4 - lalu dibakarnya... 2Ra 23:4-5 rupanya sebuah tambahan.

2Ra 23:4-5 rupanya sebuah tambahan.

Jerusalem: 2Raj 23:5 - untuk membakar Ini menurut Targum. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan ia membakar.

Ini menurut Targum. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan ia membakar.

Jerusalem: 2Raj 23:7 - pelacuran bakti Bdk Ula 23:18-19+

Jerusalem: 2Raj 23:7 - sarung Dalam naskah Ibrani terbaca: rumah-rumah (rumah-rumahan?). Tetapi ini kiranya perlu diperbaiki menjadi:sarung, atau: tudung.

Dalam naskah Ibrani terbaca: rumah-rumah (rumah-rumahan?). Tetapi ini kiranya perlu diperbaiki menjadi:sarung, atau: tudung.

Jerusalem: 2Raj 23:8 - Disuruhnyalah Dengan paksaan Yosia membebankan hukum Ula 12, bahwa hanya boleh ada satu tempat untuk beribadah. Yosia membasmi semua tempat kudus lain (bukit pengor...

Dengan paksaan Yosia membebankan hukum Ula 12, bahwa hanya boleh ada satu tempat untuk beribadah. Yosia membasmi semua tempat kudus lain (bukit pengorbanan) di seluruh wilayah Yehuda. Di bukit-bukit pengorbanan itu orang lazimnya berbakti kepada Tuhan 1Ra 3:2. Bukit-bukit itu dihilangkan hanyalah oleh karena tidak sesuai dengan hukum Ulangan itu

Jerusalem: 2Raj 23:8 - bukit-bukit pengorbanan di pintu-pintu gerbang Dalam terjemahan Yunani terbaca: bukit pengorbanan... Tentang tempat kudus itu tidak diketahui apa-apa.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: bukit pengorbanan... Tentang tempat kudus itu tidak diketahui apa-apa.

Jerusalem: 2Raj 23:9 - saudara-saudara mereka Menurut hukum Ula 18:6-8 imam-imam dari daerah-daerah mempunyai hak sama seperti imam-imam di Yerusalem (saudara-saudara mereka). Tetapi imam-imam di ...

Menurut hukum Ula 18:6-8 imam-imam dari daerah-daerah mempunyai hak sama seperti imam-imam di Yerusalem (saudara-saudara mereka). Tetapi imam-imam di ibu kota rupanya melawan penetapan itu, sehingga imam-imam lain itu dijadikan imam-imam tingkat kedua.

Jerusalem: 2Raj 23:10 - Tofet Ini nama tempat di mana anak-anak dibakar menjadi korban bagi Molokh, Ima 18:21+. Kata tofet rupanya berarti: pembakaran.

Ini nama tempat di mana anak-anak dibakar menjadi korban bagi Molokh, Ima 18:21+. Kata tofet rupanya berarti: pembakaran.

Jerusalem: 2Raj 23:11 - di pintu masuk Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani terbaca: supaya jangan masuk

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani terbaca: supaya jangan masuk

Jerusalem: 2Raj 23:11 - gedung samping Terjemahan ini tidak pasti

Terjemahan ini tidak pasti

Jerusalem: 2Raj 23:11 - kereta-kereta dewa matahari Kereta-kereta(?) ini hanya disebut di sini dan maksudnya kurang jelas.

Kereta-kereta(?) ini hanya disebut di sini dan maksudnya kurang jelas.

Jerusalem: 2Raj 23:12 - Mezbah-mezbah Ialah mezbah-mezbah kecil bagi dewa-dewi perbintangan, Yer 19:13; Zef 1:5

Ialah mezbah-mezbah kecil bagi dewa-dewi perbintangan, Yer 19:13; Zef 1:5

Jerusalem: 2Raj 23:12 - tempat peranginan Ahas Ini sebuah sisipan tetapi agaknya kena

Ini sebuah sisipan tetapi agaknya kena

Jerusalem: 2Raj 23:12 - diremukkan di sana Dalam naskah Ibrani terbaca: ia lari dari sana.

Dalam naskah Ibrani terbaca: ia lari dari sana.

Jerusalem: 2Raj 23:13 - bukit Kebusukan Dalam Targum terbaca: bukit Zaitun (harafiah: minyak).

Dalam Targum terbaca: bukit Zaitun (harafiah: minyak).

Jerusalem: 2Raj 23:14 - tugu-tugu berhala... Bdk Ula 16:21-22; Kel 34:13+; Kel 23:24+; 1Ra 14:23

Jerusalem: 2Raj 23:14 - tulang-tulang manusia Dengan jalan itu tempat-tempat itu secara definitip dicemarkan dan dinajiskan lih 2Ra 23:16,20. Tindakan-tindakan Yosua itu melawan tempat-tempat kudu...

Dengan jalan itu tempat-tempat itu secara definitip dicemarkan dan dinajiskan lih 2Ra 23:16,20. Tindakan-tindakan Yosua itu melawan tempat-tempat kudus di mana orang beribadat. Ibadat itu lebih kurang menyeleweng dari ibadat resmi. Tetapi tindakan-tindakan Yosia itupun melawan adat-istiadat yang kafir sifatnya: pemujaan dewa-dewi negeri Kanaan beserta ibadatnya dan kebaktian yang dipinjam dari bangsa Asyur (pemujaan dewa-dewi) perbintangan). Keadaan agama di Yehuda ternyata sangat merosot, seperti juga diberitahukan oleh kitab-kitab nabi Yeremia. Zefanya dan Yehezkiel.

Jerusalem: 2Raj 23:15-20 - -- Raja Yosia memanfaatkan ketika yang baik: Kerajaan Asyur sedang merosot. Maka tidak hanya Yehuda dapat dimerdekakan, tetapi Yosua juga sempat memperlu...

Raja Yosia memanfaatkan ketika yang baik: Kerajaan Asyur sedang merosot. Maka tidak hanya Yehuda dapat dimerdekakan, tetapi Yosua juga sempat memperluas wilayah kekuasaannya sehingga mencakup juga sebagian wilayah bekas kerajaan Israel (utara).

Jerusalem: 2Raj 23:15 - mezbah yang ada di Betel Bdk 1Ra 12:29-31

Jerusalem: 2Raj 23:15 - batu-batunya dipecahkannya Dalam naskah Ibrani terbaca: bukit pengorbanan dibakarnya.

Dalam naskah Ibrani terbaca: bukit pengorbanan dibakarnya.

Jerusalem: 2Raj 23:16 - abdi Allah yang Dalam terjemahan Yunani bagian ayat ini berbunyi sbb: abdi Allah ketika Yerobeam berdiri di atas mezbah pada hari raya itu. Dengan berpaling Yosia men...

Dalam terjemahan Yunani bagian ayat ini berbunyi sbb: abdi Allah ketika Yerobeam berdiri di atas mezbah pada hari raya itu. Dengan berpaling Yosia menengadahkan matanya (dan melihat) kuburnya abdi Allah yang telah menyerukan hal-hal ini.

Jerusalem: 2Raj 23:17 - Betel Ini sebuah tambahan.

Ini sebuah tambahan.

Jerusalem: 2Raj 23:18 - yang datang dari Samaria Menurut 1Ra 13:11 nabi itu diam di Betel. Maka naskah Ibrani kiranya perlu diperbaiki menjadi yang di Samaria. Adapun "Samaria" di sini tidak berarti ...

Menurut 1Ra 13:11 nabi itu diam di Betel. Maka naskah Ibrani kiranya perlu diperbaiki menjadi yang di Samaria. Adapun "Samaria" di sini tidak berarti kota Samaria, tetapi wilayah kerajaan utara yang juga mencakup Betel.

Jerusalem: 2Raj 23:19 - sakit hati TUHAN Begitulah terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: sakit hati Yosia.

Begitulah terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: sakit hati Yosia.

Jerusalem: 2Raj 23:24 - terafim Bdk Kej 31:19+.

Bdk Kej 31:19+.

Ende: 2Raj 23:5 - imam2 lantjungan ialah imam2 Jahwe, jang mendjalankan ibadat Jahwe diatas bukit2 angkar. Mereka dipindahkan ke Jerusalem, dimana mereka tidak boleh mendjalankan ibadat...

ialah imam2 Jahwe, jang mendjalankan ibadat Jahwe diatas bukit2 angkar. Mereka dipindahkan ke Jerusalem, dimana mereka tidak boleh mendjalankan ibadat imamat, meskipun mereka mendapat penghidupannja. Rupa2nja karena perlawanan dari pihak para imam di Jerusjalem (2Ra 23:8-9). Dengan peristiwa ini ibadat Jahwe jang sah dipusatkan hanja di Jerusalem. Perkembangan sedjak Sulaiman ini makan beberapa abad sebelum selesai.

Ende: 2Raj 23:10 - dapur api ialah sebangsa mesbah, tempat manusia (anak2) dikurbankan.

ialah sebangsa mesbah, tempat manusia (anak2) dikurbankan.

Ende: 2Raj 23:11 - -- Kuda2 itu ialah patung dari perunggu jang dipasang pada kereta dewa Sang Surja. Penjembahan perbintangan (2Ra 17:17; 21:3; 23:5) rupanja sangat berkem...

Kuda2 itu ialah patung dari perunggu jang dipasang pada kereta dewa Sang Surja. Penjembahan perbintangan (2Ra 17:17; 21:3; 23:5) rupanja sangat berkembang di Juda djua waktu pemerintahan Menasje dan berasal dari Assyria.

Ende: 2Raj 23:24 - terafim adalah sebangsa berhala, patung2 nenek-mojang, jang dihormati dan dipergunakan dalam ilmu tenung dan telaah.

adalah sebangsa berhala, patung2 nenek-mojang, jang dihormati dan dipergunakan dalam ilmu tenung dan telaah.

Endetn: 2Raj 23:4 - imam diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "imam2".

diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "imam2".

Endetn: 2Raj 23:5 - jang diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia".

Endetn: 2Raj 23:7 - selubung diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "rumah2".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "rumah2".

Endetn: 2Raj 23:11 - pintu masuk diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "supaja djangan masuk".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "supaja djangan masuk".

Endetn: 2Raj 23:12 - diserbuknja menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia lari".

menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia lari".

Endetn: 2Raj 23:17 - -- Ditinggalkan: "di Betel", jang bertjorak tambahan.

Ditinggalkan: "di Betel", jang bertjorak tambahan.

Endetn: 2Raj 23:19 - (Jahwe) ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:2 - ia membacakan // kitab perjanjian · ia membacakan: Ul 31:11; Ul 31:11 · kitab perjanjian: Kel 24:7; Kel 24:7

· ia membacakan: Ul 31:11; [Lihat FULL. Ul 31:11]

· kitab perjanjian: Kel 24:7; [Lihat FULL. Kel 24:7]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:3 - dekat tiang // diadakannyalah perjanjian // dengan mengikuti · dekat tiang: 1Raj 7:15; 1Raj 7:15 · diadakannyalah perjanjian: 2Raj 11:12; 2Raj 11:12 · dengan mengikuti: Ul 13:4; Ul 13:4

· dekat tiang: 1Raj 7:15; [Lihat FULL. 1Raj 7:15]

· diadakannyalah perjanjian: 2Raj 11:12; [Lihat FULL. 2Raj 11:12]

· dengan mengikuti: Ul 13:4; [Lihat FULL. Ul 13:4]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:4 - para penjaga // untuk mengeluarkan · para penjaga: 2Raj 25:18; Yer 35:4 · untuk mengeluarkan: 2Raj 21:7; 2Raj 21:7

· para penjaga: 2Raj 25:18; Yer 35:4

· untuk mengeluarkan: 2Raj 21:7; [Lihat FULL. 2Raj 21:7]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:5 - membakar korban // tentara langit // tentara langit · membakar korban: 2Raj 16:4; 2Raj 16:4 · tentara langit: Yer 8:2 · tentara langit: Yer 43:13

· membakar korban: 2Raj 16:4; [Lihat FULL. 2Raj 16:4]

· tentara langit: Yer 8:2

· tentara langit: Yer 43:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:6 - sungai Kidron // menjadi abu // atas kuburan // rakyat jelata · sungai Kidron: Yer 31:40 · menjadi abu: Kel 32:20; Kel 32:20 · atas kuburan: Bil 19:16; Bil 19:16 · rakyat jelata: Yer 2...

· sungai Kidron: Yer 31:40

· menjadi abu: Kel 32:20; [Lihat FULL. Kel 32:20]

· atas kuburan: Bil 19:16; [Lihat FULL. Bil 19:16]

· rakyat jelata: Yer 26:23

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:7 - petak-petak pelacuran · petak-petak pelacuran: Kej 38:21; Kej 38:21; 1Raj 14:24; Yeh 16:16

· petak-petak pelacuran: Kej 38:21; [Lihat FULL. Kej 38:21]; 1Raj 14:24; Yeh 16:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:8 - dari Geba · dari Geba: Yos 18:24; Yos 18:24; 1Raj 15:22; 1Raj 15:22

· dari Geba: Yos 18:24; [Lihat FULL. Yos 18:24]; 1Raj 15:22; [Lihat FULL. 1Raj 15:22]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:9 - boleh naik · boleh naik: Yeh 44:10-14

· boleh naik: Yeh 44:10-14

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:10 - juga Tofet // lembah Ben-Hinom // mempersembahkan anak-anaknya · juga Tofet: Yes 30:33; Yer 7:31,32; 19:6 · lembah Ben-Hinom: Yos 15:8; Yos 15:8 · mempersembahkan anak-anaknya: Im 18:21; Im 18...

· juga Tofet: Yes 30:33; Yer 7:31,32; 19:6

· lembah Ben-Hinom: Yos 15:8; [Lihat FULL. Yos 15:8]

· mempersembahkan anak-anaknya: Im 18:21; [Lihat FULL. Im 18:21]; Ul 18:10; [Lihat FULL. Ul 18:10]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:11 - raja-raja Yehuda // dewa matahari · raja-raja Yehuda: 2Raj 23:5,19; Neh 9:34; Yer 44:9 · dewa matahari: Ul 4:19; Ul 4:19

· raja-raja Yehuda: 2Raj 23:5,19; Neh 9:34; Yer 44:9

· dewa matahari: Ul 4:19; [Lihat FULL. Ul 4:19]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:12 - atas sotoh // kedua pelataran // Tuhan, dirobohkan // sungai Kidron · atas sotoh: Yer 19:13; Zef 1:5 · kedua pelataran: 2Raj 21:5; 2Raj 21:5 · Tuhan, dirobohkan: 2Taw 33:15 · sungai Kidron: ...

· atas sotoh: Yer 19:13; Zef 1:5

· kedua pelataran: 2Raj 21:5; [Lihat FULL. 2Raj 21:5]

· Tuhan, dirobohkan: 2Taw 33:15

· sungai Kidron: 2Sam 15:23; [Lihat FULL. 2Sam 15:23]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:13 - oleh Salomo // dewa kekejian // orang Amon · oleh Salomo: 1Raj 11:7 · dewa kekejian: Ul 27:15; Ul 27:15 · orang Amon: Yer 11:13

· oleh Salomo: 1Raj 11:7

· dewa kekejian: Ul 27:15; [Lihat FULL. Ul 27:15]

· orang Amon: Yer 11:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:14 - Ia memecahkan // dengan tulang-tulang · Ia memecahkan: Kel 23:24; Kel 23:24 · dengan tulang-tulang: Bil 19:16; Bil 19:16; Mazm 53:6; Mazm 53:6

· Ia memecahkan: Kel 23:24; [Lihat FULL. Kel 23:24]

· dengan tulang-tulang: Bil 19:16; [Lihat FULL. Bil 19:16]; Mazm 53:6; [Lihat FULL. Mazm 53:6]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:15 - Juga mezbah // oleh Yerobeam · Juga mezbah: Yos 7:2; Yos 7:2; 1Raj 13:1-3 · oleh Yerobeam: 1Raj 12:33; 1Raj 12:33

· Juga mezbah: Yos 7:2; [Lihat FULL. Yos 7:2]; 1Raj 13:1-3

· oleh Yerobeam: 1Raj 12:33; [Lihat FULL. 1Raj 12:33]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:16 - ketika Yosia // menajiskannya, sesuai · ketika Yosia: 1Raj 13:2; 1Raj 13:2 · menajiskannya, sesuai: 1Raj 13:32

· ketika Yosia: 1Raj 13:2; [Lihat FULL. 1Raj 13:2]

· menajiskannya, sesuai: 1Raj 13:32

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:18 - menjamah tulang-tulangnya // tulang-tulang nabi · menjamah tulang-tulangnya: 1Raj 13:31 · tulang-tulang nabi: 1Raj 13:29

· menjamah tulang-tulangnya: 1Raj 13:31

· tulang-tulang nabi: 1Raj 13:29

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:20 - Ia menyembelih // dibakarnya tulang-tulang · Ia menyembelih: Kel 22:20; Kel 22:20; 2Raj 11:18; 2Raj 11:18 · dibakarnya tulang-tulang: 1Raj 13:2; 1Raj 13:2

· Ia menyembelih: Kel 22:20; [Lihat FULL. Kel 22:20]; 2Raj 11:18; [Lihat FULL. 2Raj 11:18]

· dibakarnya tulang-tulang: 1Raj 13:2; [Lihat FULL. 1Raj 13:2]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:21 - Rayakanlah Paskah // kitab perjanjian · Rayakanlah Paskah: Kel 12:11; Kel 12:11; Ul 16:1-8 · kitab perjanjian: Kel 24:7; Kel 24:7

· Rayakanlah Paskah: Kel 12:11; [Lihat FULL. Kel 12:11]; Ul 16:1-8

· kitab perjanjian: Kel 24:7; [Lihat FULL. Kel 24:7]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:23 - di Yerusalem · di Yerusalem: Kel 12:11; Kel 12:11; Bil 28:16; Bil 28:16

· di Yerusalem: Kel 12:11; [Lihat FULL. Kel 12:11]; Bil 28:16; [Lihat FULL. Bil 28:16]

Ref. Silang FULL: 2Raj 23:24 - roh peramal // juga terafim // dewa kejijikan · roh peramal: Im 19:31; Im 19:31; Ul 18:11; Ul 18:11 · juga terafim: Kej 31:19; Kej 31:19 · dewa kejijikan: Ul 7:26; 2Raj 16:3

· roh peramal: Im 19:31; [Lihat FULL. Im 19:31]; Ul 18:11; [Lihat FULL. Ul 18:11]

· juga terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

· dewa kejijikan: Ul 7:26; 2Raj 16:3

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Raj 23:1-3 - Yosia Memusnahkan Penyembahan Berhala Dalam pasal ini diceritakan tentang, I. Kelanjutan pemerintahan Yosia yang baik, dan tentang kemajuan pembaharuan yang telah dimulain...

Matthew Henry: 2Raj 23:4-24 - Yosia Memperbaharui Yehuda Yosia Memperbaharui Yehuda (23:4-24) Di sini kita temukan gambaran tentang pembaharuan hebat yang belum pernah kita jumpai di seluruh sejarah raja-...

SH: 2Raj 23:1-20 - Gereja penggerak utama pembaharuan (Senin, 17 Juli 2000) Gereja penggerak utama pembaharuan Di dalam salah satu episode `Membangun Indonesia Baru', seorang sosiolog menyatakan bahwa untuk menegakkan su...

SH: 2Raj 23:1-30 - Pertobatan sejati atau semu? (Kamis, 14 Juli 2005) Pertobatan sejati atau semu? Sejak permulaan menjadi raja, Yosia melakukan apa yang benar di mata TUHAN. Catatan kitab Raja-raja mengenai dia sangat ...

SH: 2Raj 23:1-20 - Tindakan Setelah Pertobatan Hati (Kamis, 24 September 2015) Tindakan Setelah Pertobatan Hati Kebanyakan orang Kristen beranggapan bahwa Allah hanya peduli dengan hati kita dan tidak peduli dengan perbuatan dan...

SH: 2Raj 23:1-30 - Dalam Rencana Tuhan (Minggu, 19 Februari 2023) Dalam Rencana Tuhan Yosia melancarkan reformasi di Yehuda dengan segenap kekuatan. Ia membawa seluruh rakyat kembali kepada perjanjian dengan Tuhan (...

SH: 2Raj 23:21-30 - Bukan tukang sulap tapi komitmen (Selasa, 18 Juli 2000) Bukan tukang sulap tapi komitmen Akhir-akhir ini Presiden Gus Dur banyak dikritik dan dikecam para pengamat maupun kaum awam. Alasannya, sudah 6...

SH: 2Raj 23:21-30 - Kehendak Tuhan Tidak Dapat Diubah (Jumat, 25 September 2015) Kehendak Tuhan Tidak Dapat Diubah Setelah melakukan pelbagai tindakan penghancuran patung berhala, mezbah, bukit pengurbanan, dan seterusnya, kemudia...

Topik Teologia: 2Raj 23:1 - -- Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gereja Pembacaan Kitab Suci dalam Gereja Kel 24:7 Yos 8:34-35 2Ra 23:1-3 Neh 8:8-9 Neh 9:3 1Ti 4:13 2...

Topik Teologia: 2Raj 23:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Teladan-teladan Ketaatan Yosia Menaati Al...

Topik Teologia: 2Raj 23:5 - -- Dosa Para Pendosa adalah Penyembah Berhala 2Ra 23:5 Yes 2:6 Zef 1:4 1Ko 12:2 1Pe 4:3-5 Penyembahan Berhala Dilarang K...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Matthew Henry: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kitab kedua dari Raja-raja ini (yang dalam Septuaginta, terhitung dari Kitab Samuel, disebut dengan kitab keempat) merupakan kelanjutan dari Kitab ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.33 detik
dipersembahkan oleh YLSA